BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian
1. Tingkat
kenakalan remaja siswa-siswi yang ada di SMA Negeri 3 Kota Bima
Tabel 1. Bentuk Kenakalan
Remaja yang rendah
No
|
Bentuk Kenakalan
|
Skor Penjawab
|
1
|
Suka berkelahi
|
17 orang
|
2
|
Keluyuran
yang tidak jelas
|
23 orang
|
3
|
Suka bolos sekolah
|
23 orang
|
4
|
Pergi
dari rumah tanpa pamit
|
28 orang
|
44
|
Tabel 2. Bentuk
kenakalan remaja yang sedang dan menjurus pada pelanggaran hukum
No
|
Bentuk Kenakalan
|
Skor Penjawab
|
1
|
Mengendarai kendaraan
tanpa SIM
|
10 orang
|
2
|
Tidak memperhatikan
rambu lalu lintas
|
20 orang
|
3
|
Mengambil barang orang
tua tanpa izin
|
27 orang
|
Berdasarkan
tabel diatas, maka bisa dijelaskan bahwa bentuk kenakalan yang sedang dan
menjurus pada bentuk pelanggara hukum, seperti mengendarai kendaraan tanpa SIM
adalah 10 orang, tidak memperhatikan rambu lalu lintas adalah 20 orang,
mengambil barang orang tua tanpa izin adalah 20 orang, suka mengambil barang
orang tua tanpa izin 27 orang, ini menunjukkan bahwa bentuk kenakalan remaja
yang biasa atau banyak mereka lakukan adalah suka pergi dari rumah tanpa pamit
dengan skor 27 orang, dikarenakan mereka
sudah terbiasa dengan hal tersebut, pada saat diwawancarai pada tanggal 29 Juli
2011 dan berakhir pada hari yang sama, dan jumlah siswa-siswi yang diwawancarai
adalah 10 orang, dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan hal tersebut, jadi
mereka menganggap bahwa hal tersebut bukanlah bentuk kenakalan, padahal didalam
teori hal tersebut adalah masuk kedalam bentuk kenakalan.
Tabel 3. Bentuk
kenakalan remaja yang khusus dan menjurus tindakan kriminal
No
|
Bentuk Kenakalan
|
Skor Peroleh
|
1
|
Menyalah gunakan
narkotika
|
0 orang
|
2
|
Hubungan seks diluar
nikah
|
0 orang
|
3
|
Pemerkosaan
|
0 orang
|
Berdasarkan
tabel diatas, maka bisa dijelaskan bahwa bentuk kenakalan yang khusus dan
menjurus tindakan kriminal, menyalah gunakan narkotika adalah 0 orang, hubungan
seks diluar nikah 0 orang, pemerkosaan 0 orang, ini menunjukkan bahwa bentuk
kenakalan remaja yang bentuk kenakalan remaja yang khusus dan menjurus tindakan
kriminal, sama sekali tidak pernah mereka lakukan, dikarena bentuk kenakalan
tersebut yang bersifat khusus atau sangat pribadi, walaupun bentuk kenakalan
tersebut masuk kedalam bentuk kenakalan. Berdasarkan data tersebut maka penulis
bisa memberikan asumsi bahwa siswa-siswi kelas XI IPA Biologi SMAN 3 Kota Bima
tersebut tidak terjangkit bentuk kenakalan yang bersifat khusus atau pribadi,
ha tersebut dapat dibuktikan dengan melihat tabel yang tercantum diatas
2. Tingkat
aktivitas belajar siswa-siswi dalam ruang kelas
Tabel 4.
Bentuk-bentuk aktivitas belajar siswa-siswi dalam ruang kelas
No
|
Bentuk Ativitas Belajar
|
Skor Peroleh
|
1
|
Mendengarkan materi
pelajar
|
20 Orang
|
2
|
Memandang/Memperhatikan
pelajaran
|
10 Orang
|
3
|
Mengingat kembali
materi pelajaran
|
8 Orang
|
4
|
Menulis atau Mencatat
materi pelajaran
|
10 Orang
|
5
|
Membaca materi
pelajaran
|
10 Orang
|
Berdasarkan
tabel diatas, maka bisa dijelaskan, bahwa bentuk-bentuk aktivitas belajar
siswa-siswi dalam ruang kelas seperti, mendengarkan materi pelajar yang
menjawab adalah 20 orang, memandang atau memperhatikan pelajaran adalah 10
orang, mengingat kembali materi pelajaran adalah 8 orang, mengingat kembali
materi pelajaran adalah 8 orang, menulis atau mencatat materi pelajaran adalah
10 orang, membaca materi pelajaran 10 orang, ini menunjukkan bahwa aktivitas
yang paling banyak mereka lakukan adalah mendengarkan, karena pada dasarnya
aktivitas belajar yang bersifat mendengarkan adalah sesuatu hal yang paling
banyak dilakukan oleh setiap orang dan tidak bisa kita hindari kecuali yang
memang pendengaran seseorang itu kurang baik.
2. Uji
regresif validitas hipotesis dengan menggunakan Rumus Korelasi Product Momen
Tabel 5. Jumlah
sampel penelitian 30 orang siswa-siswi dari latar belakang yang berbeda, dan
skor penjawab variabel X dan Y
No
|
Nama Siswa
|
Bentuk Kenakalan
Remaja (X)
|
Bentuk Aktivitas Belajar (Y)
|
|||||||||||||
Rendah
|
Sedang
|
Khusus
|
||||||||||||||
a
|
B
|
c
|
D
|
A
|
B
|
C
|
1
|
2
|
3
|
a1
|
b1
|
c1
|
d1
|
e1
|
||
1
|
Muh. Idris
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
2
|
Yuyun Rahmayanti
|
√
|
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
3
|
Anggriani
|
|
√
|
√
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
4
|
Irfan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
5
|
Putri
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
6
|
Listiyah
Nuryakim
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
7
|
Ainulla
Turrahmah
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
8
|
Baiq Ade P.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
9
|
Ririn Fazrianti
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
10
|
Sri Muliyani
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
11
|
Lisda Yuni Gisma
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
12
|
Nurhidayah
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
13
|
Ery Suryanti
|
√
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
14
|
Muh. Yustiavar
|
√
|
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
15
|
Hermansyah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
16
|
Fiqroh
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
√
|
17
|
Nuryanti Pratika
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
18
|
Nurfitasari
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
19
|
Dwi Setiaji
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
20
|
Suharti
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
21
|
Ana Susantri
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
22
|
Indah Julianti
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
23
|
Nursakina
Diniyati
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
24
|
Zuhrufil Ahsan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
√
|
25
|
Hamdani
|
√
|
√
|
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
26
|
Ziaurrahman
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
27
|
Ayu Candra
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
28
|
Sri wahyuni
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
29
|
Andriani
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
30
|
Muh. Andi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
Keterangan tabel :
a. Suka
berkelahi
b. Keluyuran
yang tidak jelas
c. Suka
bolos sekolah
d. Pergi
dari rumah tanpa pamit
a.
Mengendarai kendaraan tanpa SIM
b.
Tidak memperhatikan rambu lalu lintas
c.
Mengambil barang orang tua tanpa izin
1. Menyalah
gunakan narkotika
2. Hubungan
seks diluar nikah
3. Pemerkosaan
a1.
Mendengarkan materi pelajar
b1.
Memandang/Memperhatikan pelajaran
c1.
Mengingat kembali materi pelajaran
d1.
Menulis atau Mencatat materi pelajaran
e1.
Membaca materi pelajaran
Tabel 6.
Tabulasi perolehan skor terakhir dari jawaban variabel X dan variabel Y
No
|
Nama
Siswa-siswi
|
X1
|
Y1
|
X12
|
Y12
|
X1.Y1
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Muh. Idris
|
6
|
2
|
36
|
4
|
12
|
2
|
Yuyun Rahmayanti
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
3
|
Anggriani
|
4
|
3
|
16
|
9
|
12
|
4
|
Irfan
|
6
|
2
|
36
|
4
|
12
|
5
|
Putri
|
4
|
1
|
16
|
1
|
4
|
6
|
Listiyah Nuryakim
|
4
|
2
|
16
|
4
|
8
|
7
|
Ainulla Turrahmah
|
6
|
1
|
36
|
1
|
6
|
8
|
Baiq Ade P.
|
6
|
3
|
36
|
9
|
18
|
9
|
Ririn Fazrianti
|
5
|
1
|
25
|
1
|
5
|
10
|
Sri Muliyani
|
6
|
3
|
36
|
9
|
18
|
11
|
Lisda Yuni Gisma
|
4
|
1
|
16
|
1
|
4
|
12
|
Nurhidayah
|
5
|
3
|
25
|
9
|
15
|
13
|
Ery Suryanti
|
4
|
2
|
16
|
4
|
8
|
14
|
Muh. Yustiavar
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
15
|
Hermansyah
|
7
|
1
|
49
|
1
|
7
|
16
|
Fiqroh
|
7
|
3
|
49
|
9
|
21
|
17
|
Nuryanti Pratika
|
4
|
1
|
16
|
1
|
4
|
18
|
Nurfitasari
|
3
|
2
|
9
|
4
|
6
|
19
|
Dwi Setiaji
|
5
|
1
|
25
|
1
|
5
|
20
|
Suharti
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
21
|
Ana Susantri
|
4
|
2
|
16
|
4
|
8
|
22
|
Indah Julianti
|
4
|
2
|
16
|
4
|
8
|
23
|
Nursakina Diniyati
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
24
|
Zuhrufil Ahsan
|
5
|
3
|
25
|
9
|
15
|
25
|
Hamdani
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
26
|
Ziaurrahman
|
5
|
2
|
25
|
4
|
10
|
27
|
Ayu Candra
|
6
|
2
|
36
|
4
|
12
|
28
|
Sriwahyuningsi
|
4
|
3
|
16
|
9
|
12
|
29
|
Andriani
|
3
|
2
|
9
|
4
|
6
|
30
|
Muh. Andi
|
7
|
2
|
49
|
4
|
14
|
JUMLAH
|
149
|
60
|
774
|
134
|
300
|
Keterangan Tabel:
Kolom 1 : Diisi nomor, sesuai dengan banyaknya
responden.
Kolom 2 : Diisi skor variabel X yang diperoleh
masing-masing responden.
Kolom 3 : Diisi skor variabel Y yang diperoleh
masing-masing responden.
Kolom 4 : Diisi kuadrat skor variabel X
Kolom 5 : Diisi kuadrat skor variabel Y
Kolom 6 : Diisi hasil perkalian skor variabel X dengan skor
variabel Y
Perhitungan
nilai koefisien korelasi product moment berdasarkan tabel diatas dengan rumus
korelasi product momen sebagai berikut :
Totalitas koefesien korelasi yang menunjukkan hubungan antara kenakalan
remajan dengan aktivitas belajar siswa adalah
Jadi dapat disimpulkan varians yang terjadi pada
variabel kenakalan remaja 149 dan sisanya merupakan variabel ativitas belajar
siswa 60.
Sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan serta hasil analisis data
dengan menggunakan teknik Korelasi Product Momen, maka dapat di simpulkan bahwa
terdapat pengaruh kenakalan remaja terhadap aktivitas belajar siswa-siswi kelas
XI SMA Negeri 3 Kota Bima, berdasarkan kesimpulan tersebut maka, semua keraguan
yang ada dalam hipotesis tersebut sudah terjawab semua.
B.
Pembahasan
Berdasarkan patokan pada referensi awal
tentang populasi dan sampel, yaitu jumlah populasi dari penelitian ini adalah
keseluruhan kelas XI IPA pada jam mata pelajara biologi yang berjumlah 45 0rang
siswa-siswi, kemudian siswa-siswi yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah
30 0rang siswa-siswi yang diambil secara acak (random) dari latarbelakang yang
berbeda. Dari hasil Analisis data yang diperoleh dari variabel X yaitu skor
yang diperoleh dari tingkat kenakala remaja sebesar : 149 dan skor yang
diperoleh dari hasil analisis variabel Y yaitu jumlah tingkat aktivitas belajar
siswa dalam ruangan sebesar : 60, kemudian untuk mengukur sejauh mana tingkat
pengaruh kenakalan remaja terhadap akativitas belajar siswa-siswi yaitu dengan
menggunakan teknik analisis data korelasi product momen, yaitu dengan cara
hitungan menggabungkan antara variabel X dan variabel Y yang hasil akhirnya
menjadi tingkat hubungannya.
Berdasarkan
hasil analisis Asosiatif bahwa konsep tingkat keseringan terjadi bukan saja
dipengaruhi oleh teman-teman yang ada disekolah mereka. Broken Home juga akan
berpengaruh terhadap kenakalan remaja, yang secara psikologi seorang siswa akan
berlanjut pada pola tingkah laku siswa yang tidak dalam proses belajar
mengajar, serta kelompok remaja yang
mendapat lingkungan dan pergaulan sekitarnya yang lebih jelek dari kelompok
remaja maka, perilaku mereka akan lebih buruk dan jelek pula, semua itu
disebabkan oleh lingkungan pergaulan mereka sehari-hari. Apabila pergaulan disekitarnya
baik, maka mereka akan terbiasa melihat dan melakukan kegiatan positif karena
itu lazim dilingkungannya. Sementara itu, apabila lingkungan disekitarnya
jelek, niscaya mereka akan terbiasa melakukan kegiatan tersebut, karena dinilai
wajar dilingkungannya dan otomatis akan terbawah dilingkungan sekolah mereka
dan ditambah lagi dengan dipengaruhinya oleh para teman-teman disekolah mereka,
sehingga tingkat kenakalan mereka tidak terkontrol
Hal ini juga akibat adanya campur tangan
tindakan orang tua yang tidak kondusif lagi dalam membina rumah tangga dengan
baik, teman-teman disekolah, guru, atau masyarakat disekitarnya dalam
memberikan contoh, suri tauladan, sikap, dan perilaku mereka yang tidak baik
dan benar. Hal tersebut menunjukkan bahwa lingkungan ikut berpengaruh dalam
membentuk karakter seorang anak remaja
1. Keterlaksanaanya
penelitian di SMA Negeri 3 Kota Bima
a. Keterlaksanaan
penelitian tentang Pengaruh Kenakalan Remaja terhadap Aktivitas
Belajar dalam Bidang Studi IPA Biologi
Siswa Kelas XI SMAN 3 Kota Bima
Keterlaksanaan suatu penelitian merupakan harapan dan
impian dari setiap peneliti, walaupun pada akhirnya penelitian tersebut tidak
terlalu kondusif seperti yang diharapkan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterlaksanaan penelitian tentang Pengaruh Kenakalan Remaja terhadap
Aktivitas Belajar dalam Bidang Studi IPA
Biologi Siswa Kelas XI SMAN 3 Kota Bima jika ditinjau dari referensi
yang ada, dapat dikatakan masih kurang, karena adanya beberapa unit pertanyaan
yang tidak sesuai dengan jawaban yang diinginkan.
b. Hambatan-hambatan
yang dialami oleh peneliti pada saat melakukan penelitian tentang Pengaruh Kenakalan Remaja terhadap Aktivitas Belajar dalam Bidang Studi IPA Biologi Siswa Kelas XI SMAN
3 Kota Bima
Berdasarkan hasil angket dan wawancara, ada beberapa
hambatan yang dialami oleh peneliti dalam saat melaksanaan penelitian di SMA
Negeri 3 kota Bima. Hambatan tersebut antara lain adalah tidak keterbukaannya
siswa-siswi terhadap tingkah lakunya, kemudian waktu untuk melaksanaan
penenelitian yang tidak cukup, sehingga pada saat siswa direspon tidak secara
maksimal dalam menjawab setiap poin pertanyaan
Hambatan lain yang dialami oleh siswa pada saat
proses belajar mengajar berlangsung, yaitu seorang Guru dalam menerapkan materi
pelajaran kurang berkopeten sehingga para siswa kurang memahami betul-betul apa
yang disampaikan oleh para Guru-gurunya. Dalam hal ini bahwa seorang guru sangat berperan penting
bukan saja dalam proses belajar mengajar, tetapi juga guru setidaknya
meluangkan waktu yang khusus diluar jam sekolah untuk memberikan solusi dan
arahan terhadap siswa yang mempunyai masalah, serta untuk membantu para siswa
dalam menyelesaikan problematika yang tengah dihadapinya.
Seorang Guru pada saat proses belajar berlangsung
mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas belajar
bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru mempunyai tanggungjawab
untuk melihat sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses-proses
perkembangan siswa.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
1.
Tingkat kenakalan remaja yang ada di SMA 3 Kota Bima
sangat memprihatikan, seperti suka bolos, merokok, keluar ruangan tanpa seizin
dari guru, suka berkelahi antara sesama serta mengendarai kendaraan tanpa SIM, sehingga
kesemuanya itu akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa-siswi dalam ruangan.
2.
Aktivitas belajar siswa dalam ruangan tidak begitu
efektiv, dikarenakan siswa-siswi tersebut acuh tak acuh dalam menerima mata
pelajaran, serta banyak siswa-siswi tersebut yang mengganggu teman-temannya saat
proses belajar berlangsung, yang melakukan tindakan tersebut didominasi oleh
anak laki-laki.
3.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka terdapat
pengaruh kenakalan remaja terhadap aktivitas belajar dalam bidang studi IPA
Biologi siswa-siswi kelas XI SMAN 3 Kota Bima.
58
|
B. Saran
Disarankan kepada para pembaca remaja,
agar tidak mudah terjebak dan terpengaruh terhadap pergaulan remaja zaman
sekarang, dengan cara membekali diri dengan agama yang kuat dan wawasan yang
luas, disertai dengan berbagai kegiatan yang berguna bagi diri sendiri dan bagi
orang lain. Sedangkan kepada
pembaca selain remaja, saya ingin mengusulkan untuk selalu memberi contoh dan
nasihat kepada para remaja, dan melaksanakan program-program latihan dan
kegiatan untuk remaja, seperti karang taruna dan bakti sosial, agar menumbuhkan
rasa saling menyayangi antar sesama umat manusia.
Penulis
menyadari sepenuhnya, bahwa dalam karya ilmiah ini masih jauh dari
kesempurnaan, walaupun demikian karya ilmiah ini bisa dipertanggung jawabkan
untuk menjadi referensi awal dalam penelitian selanjutnya, agar karya ilmiah
ini lebih sempurna dari sebelumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi, Abu. 1999. Psikologi Sosial
Edisi Revisi. Rineka Cipta: Jakarta.
Davies, Ivor K.
(penerjemah: sudarsono S., dkk.). 1987. Pengelolaan
Belajar RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Djamarah, Syaiful
Bahri. 2008. Psikologi belajar Edisi
Kedua. Rineka Cipta: Jakarta.
Hasbullah.
2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. RajaGrafindo Persada:
Jakarta.
Jalaludin 2009. Psikologi Agama
Edisi Revisi. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Jhon Smiith, K. (penerjemah: Agus
Susanto, dkk.). 1993. Remaja dalam
Pandangan Modernisasi. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Kartini Kartono.
2010. Kenakalan Remaja. RajaGrafindo
Persada: Jakarta.
N.K.,
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar
Mengajar Edisi Ketuju. Rineka Cipta: Jakarta.
Osborn, Reuben 2005. Marxisme Dan
Psikoanalisis. Alenia: Yogyakarta.
Pattola,
Nurdin 2003. Laporan Penelitian Agama dan
Kenakalan Remaja. UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Sambas, Maman
Abdurrahman. 2009. Analsis Korelasi,
Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Pustaka Setian: Bandung.
Sarwono, W.Sarlito.
2010. Pengantar Psikologi Umum Edisi
Kedua. RajaGravindo Persada: Jakarta.
Sarwonno, W.Sarlito.
2010. Psikologi Remaja Edivi Revisi. RajaGravindo
Persada: Jakarta.
Sholeh, Munawar. 2005. Psikologi Perkembangan Untuk Fakultas Tarbiyah IKIP SGPLB Serta Para
Pendidik. Rineka Cipta: Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar
dan Pembelajaran serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta:
Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode
Penelitian Pendidikan Best Seller. Alfabeta: Bandung
Suharsimi
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktis Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Suryabrata,
Sumandi. 2004. Psikologi Pendidikan. RajaGravindo Persada: Jakarta.
Umar
Tirtarahardja. 2008. Pengantar Pendidikan
Edisi Resivi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Zuhairini, dkk. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
2 komentar:
Alright...
What I'm going to tell you might sound a little creepy, and maybe even a little "supernatural"
HOW would you like it if you could simply click "PLAY" and LISTEN to a short, "miracle tone"...
And magically attract MORE MONEY to your life???
And I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!!!
Do you think it's too EASY??? Think this couldn't possibly be for REAL?!?
Well, I'll be the one to tell you the news.
Sometimes the largest blessings life has to offer are the easiest to RECEIVE!!!
Honestly, I'm going to PROVE it to you by allowing you to listen to a real-life "miracle wealth building tone" I developed...
You simply press "PLAY" and watch how money starts piling up around you. it starts right away.
CLICK here to PLAY the magical "Miracle Money-Magnet TONE" - as my gift to you!!!
Do you understand there's a 12 word phrase you can say to your crush... that will induce intense feelings of love and instinctual attraction for you deep within his chest?
Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, worship and guard you with all his heart...
====> 12 Words Will Fuel A Man's Love Impulse
This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to try better than ever before to build your relationship stronger.
In fact, triggering this powerful impulse is so mandatory to achieving the best possible relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...
...You'll soon notice him open his heart and soul to you in such a way he never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly tempted him.
Posting Komentar